Rabu, 11 Januari 2017

AGAMA ADALAH NASIHAT








عَنْ أَبِيْ رُقَيَّةَ تَمِيْمِ بْنِ أَوْسِ نِ الدَّارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ« اَلدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ».قُلْنَا: لِمَنْ؟ قَالَ «لِلَّهِ، وَ لِكِتَابِهِ، وَ لِرَسُوْلِهِ، وَ لِأَئِمَّةِ اْلمُسْلِمٌيْنَ وَ عَامَّتِهِمْ».
رَوَاهُ مُسْلِمٌ.
Terjemah hadits
Dari Abu Ruqayah Tamim Ad-Dari radliallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda: Agama adalah nasehat [1] [2], kami berkata: Kepada siapa? Beliau bersabda: Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, kepada pemimpin kaum muslimin dan kaum muslimin secara umum.
(Riwayat Bukhari dan Muslim)
Kandungan Hadits:
1.      Agama Islam dapat berdiri tegak dengan upaya saling menasihati, maka setiap muslim harus saling menasihati di antara masing-masing individu muslim.
2.      Nasihat wajib dilakukan sesuai kemampuan.
3.      Yang dimaksud dengan nasehat kepada Allah adalah saling menasehati agar selalu beriman kepada-Nya, tidak menyekutukan-Nya, mensucikannya dari segala kekurangan, ta’at kepada-Nya, tidak bermaksiat kepada-Nya, dan mengikhlaskan semua amalannya hanya untuk Allah semata.
4.      Nasehat untuk kitab-Nya (Al-Qur’an) adalah saling menasehati agar membenarkan isi kitab itu, dan menjalankan perintah serta meninggalkan larangan yang terdapat dalam kitab itu.
5.      Nasehat untuk Rasul-Nya adalah saling menasehati agar selalu membenarkan risalahnya, beriman kepada semua yang dibawanya, menghormatinya, melaksanakannya ajarannya dll.
6.      Nasehat untuk para pemimpin kaum muslimin adalah saling menasehati agar selalu  menaati perintah mereka selama perintah itu tidak berseberangan dengan ajaran Islam/tidak memerintah untuk bermaksiat kepada Allah.
Nasehat untuk kaum muslimin secara umum adalah saling menasehati agar selalu menunjukkan rasa cinta sesama muslim, saling menyapa dengan ucapan salam ketika berjumpa dll.


[1] Nasehat adalah: keinginan berbuat baik untuk yang lain.
[2] Yang dimaksud adalah bahwa nasehat merupakan penopang agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar